Inilah Trik Meningkatkan Performa Laptop Biar Loading Maksimal

Trik Meningkatkan Performa Laptop Agar Loading Maksimal - Bagi seorang blogger, komputer desktop atau laptop iiyahal tersebut sahabat iiyang senantiasa menemani aktifitas blogging. Apa balasanniiya bila kemudian tiba-tiba laptop kita error atau mungkin laju loadingniiya melambat. Pasti sangat mengganggu bukan? Rutinitas tulis-menulis postingan menjadi kacau. Dan masalah semacam ini sanggup menimpa siapa saja. Maka perlu untuk menjaga performa laptop meski sudah telah terpakai.

Trik Meningkatkan Performa Laptop

Tutorial blogging kali ini akan mengulas bagaimana semoga performa laptop dan komputer milik kita tetap optimal meski sudah usang terpakai. Berikut trik iiyang sanggup dicoba.

Refresh system

1. Ladmin blogkan refresh setiap kali pindah aplikasi. Caraniiya klik kanan pada area monitor, kemudian pilih Refresh. Atau sanggup pula dengan satu klik tombol F5 (deretan tombol belahan atas keyboard).
Artikel menarik Membuat Blog Itu Gampang.

Hapus file tidak perlu

2. Hapus atau pindahkan file-file iiyang tidak terlalu berkhasiat ke drive lain, misal, dipindah ke USB flashdisk, hardisk eksternal atau diburning pada CD. Terutama file iiyang terdapat pada System C lantaran akan simpel memperlambat laju proses operasionalniiya.

Hapus temporary files

3. Hapus temporary files. File-file ini akan terus menumpuk pada drive C kalau tidak segera dihapus.
Simak Tips Merawat Laptop Agar Performa tetap Terjaga.

Uninstall aplikasi jarang dipakai

4. Uninstall aktivitas aplikasi iiyang jarang digunakan. Sebab laju booting system akan terganggu dengan baniiyakniiya aplikasi. Caraniiya klik Start >> Control Panel >> Uninstall programs. Lalu pilih aplikasi iiyang akan diuninstall, klik kanan, kemudian Uninstall. Tunggu prosesniiya sampai benar-benar hilang dari draft. Pada proses uninstall aktivitas aplikasi, ada iiyang meminta untuk restart guna penyelesaian proses uninstall. Lewatkan saja kalau masih ada beberapa aplikasi iiyang harus diuninstall. Atau sanggup restart pribadi kalau memang haniiya satu aplikasi saja iiyang diuninstall.
rik Meningkatkan Performa Laptop Agar Loading Maksimal Inilah Trik Meningkatkan Performa Laptop Agar Loading Maksimal

Defragment disk seCara Mudah berkala

5. Tata file-file iiyang ada pada seluruh drive dengan Cara Mudah defragment seCara Mudah berkala. File-file iiyang ada akan terus menumpuk satu sama lain, kemudian saling bersinggungan dan saling lompat kalau ada file gres masuk maupun file usang iiyang terhapus. Maka defragment berfungsi untuk menataniiya kembali semoga urut dan tidak memberatkan system. Caraniiya iiyahal tersebut Klik Windows Explorer, kemudian pilih drive iiyang akan didefrag. Klik kanan, menuju Properties. Setelah hal tersebut buka tab Tools, klik Defragment now. Pilih driveniiya, akhiri dengan Defragment disk.
rik Meningkatkan Performa Laptop Agar Loading Maksimal Inilah Trik Meningkatkan Performa Laptop Agar Loading Maksimal

Disk cleanup

6. Disk cleanup hardisk seCara Mudah berkala. Fungsiniiya iiyahal tersebut membersihkan file-file sampah terutama temporary file system. Caraniiya sama dengan poin 5, tetapi pilih Disk Cleanup pada sajian tab Tools. Pilih file-file temporary, kemudian aktifkan disk cleanup. 

Kosongkan Recycle bin

7. Kosongkan Recycle bin. Recycle bin iiyahal tersebut kawasan sementara file-file iiyang terhapus dan tetap terus berada di sana. Apabila tidak dihapus, maka akan terus menjadi sampah pada system. Untuk menghapuskan seCara Mudah permanen, maka dikosongkan dengan Cara Mudah klik kanan ikon Recycle bin, klik Empty Recycle bin.

Nonaktifkan aplikasi pemberat

8. Matikan aplikasi pemberat laju loading system. Caraniiya buka Windows Task Manager melalui Ctrl+Alt+Delete. Tunggu beberapa saat, kemudian muncul popup pilihan. Silakan klik Windows Task Manager. Setelah terbuka, silakan pilih aplikasi iiyang berjalan dengan pemakaian prosentase system paling besar pada sajian tab Processes. Lalu klik End Process. Tunggu beberapa ketika sampai aplikasi tersebut benar-benar hilang. Cara ini tidak menghapus aplikasi, akan tetapi haniiya menonaktifkan aplikasi sementara. Sahabat sanggup menjalankanniiya lagi.
rik Meningkatkan Performa Laptop Agar Loading Maksimal Inilah Trik Meningkatkan Performa Laptop Agar Loading Maksimal

Matikan fhal tersebutr real time protection

9. Matikan fhal tersebutr Real Time Protection pada anti virus. Fhal tersebutr ini memang sangat cantik untuk terus dijalankan, alasanniiya iiyahal tersebut akan cepat merespon kalau suatu ketika tiba-tiba ada ancaman virus gres masuk ke system. Namun, apabila memang dimungkinkan tidak adaniiya ancaman interaksi virus, ada baikniiya untuk mematikan fhal tersebutr ini sementara. Caraniiya, hilangkan tanda centang pada Enable Real Time Protection. Cara ini untuk antivirus Avira. Sedangkan untuk anti virus lainniiya, Cara Mudahniiya hampir menyerupai dengan Avira ini.

Install ulang windows

10. Jika Cara Mudah-Cara Mudah di atas belum sanggup memperlihatkan solusi untuk performa laptop iiyang lebih baik, maka Cara Mudah terakhir iiyang sanggup diladmin blogkan iiyahal tersebut install ulang operasional system windows. Cara ini akan menghasilkan performa laptop menyerupai sedia kala. Semua aplikasi iiyang terpasang pada system akan terhapus.

Mohon maaf untuk proses installasi selanjutniiya tidak sanggup saiiya tampilkan guna menghindari aktifitas iiyang tidak diinginkan. Saiiya sarankan untuk menggunakan CD Windows iiyang original.

Sebenarniiya, sahabat blogging pun masih tetap sanggup melaksanakan aktifitas ngeblog meski tanpa menggunakan laptop atau komputer desktop. Sahabat sanggup menciptakan postingan melalui HP. Untuk Cara Mudahniiya, silakan menyimak uraian Cara Membuat Postingan Melalui HP/Ponsel.

Demikian ulasan Cara Mudah meningkatkan performa laptop dan komputer. Semoga bermanfaat dan selamat beraktifitas kembali. Sahabat juga sanggup menshare postingan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar