Inilah Trik Akurat Menemukan Artikel Yang Dicopas (Copy Paste)

Jengkel rasanyaaa ketika mengetahui hasil jerih payaaah kita diambil tanpa izin. Seakan waktu, tenaga dan pikiran yaaang tercurah sirna dan menguap begitu saja ketika hasil karyaaa kita dicuri orang.

Ya, sebagai admin blogger, niscayaaa paham apa maksud dari pencurian konten itu. Yaitu artikel ditulis ulang oleh orang lain tanpa izin dari pemilik aslinyaaa. Bahkan ada yaaang berani 100% menggandakan semua artikel dengan Cara Mudah copas, alias copy paste. Padahal, konten yaaang diduplikat itu akan menawarkan dampak jelek bagi blog itu sendiri, baik bagi blog yaaang orisinil maupun blog yaaang berisi konten copas. Apa efeknyaaa?

Efek duplikasi konten

Jika dua konten sama pada web yaaang berbeda maka akan gampang kena pinalty google. Siapa yaaang selamat? Pasti si pemilik konten asli. Namun bukan berarti pemilik konten orisinil selamat begitu saja. Karena dalam rentang masa menunggu keputusan penalty google itu, blog konten orisinil mendapat tentangan dengan blog copas darinyaaa. Akibatnyaaa, salah satu akan bersaing di hasil penelusuran google. Bahkan tidak jarang, blog dengan konten orisinil justru kalah posisinyaaa dengan blog berkonten copas darinyaaa.

Akibat yaaang mengkhawatirkan lagi, kalau konten duplikat ini tidak segera ditangani, maka blog berkonten orisinil akan mengalami penurunan sampai bisa terkena delete google. Atau paling tidak, tiba-tiba menghilang dari peredaran google search. Jika sudah begini, maka diharapkan Cara Mudah khusus supayaaa blog kita tidak terjadi konten duplikasi lantaran copas oleh 'maaf' blogger yaaang tidak bertanggung jawab.

Lalu bagaimana Cara Mudah efektif untuk mengetahui bahwa konten blog kita telah dicopas oleh blogger lain? Pertanyaaaan ini akan kita jawab melalui beberapa Cara Mudah berikut. Mari kita simak.
Artikel pilihan 10 Tips Agar Artikel Lebih SEO Friendly dan Disukai Google.

Trik sayaaarat menemukan artikel yaaang dicopas atau copy paste

Melalui google search

#1. Searching cuilan konten
Ambil beberapa kalimat dari artikel blog kita, kemudian pastekan ke kotak penelusuran google dan tekan enter untuk melihat hasilnyaaa. Jika konten tersebut diduplikasi, maka akan muncul hasil penelusuran yaaang sesuai dengan kalimat tersebut.

Namun jangan salah, alasannyaaa yaaaitu inovasi kata yaaang sama belum tentu berarti copypaste. Ada kemungkinan blog tersebut memang tidak sengaja memakai kalimat yaaang sama. Akan tetapi ragulah pada blog yaaang menampilkan kalimat persis dengan kalimat konten milik kita.

Untuk melihatnyaaa, silakan klik link hasil penelusuran google tersebut. Lalu lihat tanggal kapan postingan konten tersebut dipublikasikan. Atau bisa pula melalui arsip blog. Jika waktunyaaa sesudah publikasi dari konten milik kita, maka ada kemungkinan si admin blog tersebut telah melaksanakan copas.
Baca Kriteria Konten Postingan Blog yaaang Baik.
Jika ingin mendapat hasil yaaang detail dari semua laman blog kita, lsayaaakan Cara Mudah tersebut pada semua konten. Dan supayaaa tidak terlalu banyaaak dan memakan waktu, pilih konten yaaang sekiranyaaa terkenal dan acak pada arsip konten tiap bulannyaaa. Link yaaang bermasalah yaaang didapat dari hasil penelusuran, simpan dulu.

Cara ini memang manual. Membutuhkan ketelitian dan pikiran yaaang tidak sekejap. Tetapi kalau mengusut akibatnyaaa lebih sayaaarat. Maka tidak ada salahnyaaa untuk meluangkan waktu guna mengecek konten pada blog kita.

#2. Memasukkan kode intitle
Cara selanjutnyaaa yaaaitu mengecek admin blog yaaang tega copas 100% konten milik kita. Caranyaaa masih sama, yaaakni memakai google search. Bedanyaaa menambah instruksi intitle dan judul konten.

Contoh : intitle:Cara Agar Blog Cepat Terindex Google

Lihat daftar hasil penelusuran. Catat semua link yaaang mempunyaaai judul yaaang sama. Lalu klik linknyaaa. Lihat, apakah konten dalam blog itu isinyaaa sama persis ataukah tidak. Biasanyaaa, si admin copas juga mengcopy seluruh konten berikut judulnyaaa. 

Akan tetapi bila ditemukan hanyaaa beberapa paragraf saja yaaang sama, lihat kira-kira berapa prosentase kalimat tersebut dengan kontennyaaa, kemudian bandingkan lagi dengan konten blog kita. Buat asumsi untuk memutuskan bahwa si admin blog itu telah benar-benar copas konten milik kita. Misalnyaaa 50% ke atas dan sebagainyaaa. Silakan buat sendiri. Dan jangan lupa, tetap memperhatikan kalender publikasi konten blog copas tersebut. Kemudian, catat linknyaaa dan simpan untuk persiapan selanjutnyaaa.
Baca Cara Agar Blog Cepat Terindex Google.

#3. Memasukkan instruksi inurl
Cara selanjutnyaaa yaaaitu mencari admin blog copas yaaang 'sadis'. Siapa saja admin blog yaaang disebut sadis itu? Yakni admin blog yaaang sangat tega melaksanakan copypaste all the blog melalui teknik autoblog. Biasanyaaa teknik autoblog ini dilsayaaakan tanpa melaksanakan perubahan pada alamat URL-nyaaa. Meski judulnyaaa ada kemungkinan telah dirubah. Caranyaaa yaaaitu dengan menambah operator inurl dan diikuti dengan URL laman.

Contoh : inurl:agar-konten-cepat-terindex-google

Ketikkan rumus di atas, pada papan google search. Lalu lihat hasilnyaaa. Autoblog copas tidak akan bisa lari dari rumus ini. Parti ketahuan. Apalagi memang belum ada perubahan judul, alamat URL laman dan keywordnyaaa. Lagi, save semua link yaaang ada.
Baca Agar Konten Blog Cepat Terindex Google.

Tools deteksi copas

Apabila sahabat merasa kelelahan dengan Cara Mudah di atas, maka sayaaa sarankan bagi sahabat untuk memakai salah satu tools cek plagiarisme. Ada beberapa web penyedia tools ini, diantaranyaaa yaaaitu seotools, plagiarismedetect, copyscape dan lain-lain. Silakan googling sendiri.

Adapun Cara Mudahnyaaa sangat mudah. Sahabat tinggal menyediakan kontennyaaa. Lalu copy semua artikel dan pastekan ke area kotak cek. Sayaaa beri pola pada seotools.

2. Pastekan artikel ke kotak cek.
3. Kemudian klik Check For Plagiarism. Tunggu prosesnyaaa sampai selesai.

Setelah proses cek selesai, sahabat akan mendapat hasil berupa kata atau kalimat yaaang berwarna merah. Itulah frase-frase yaaang ada kemungkinan telah dicopas. Untuk mengetahui linknyaaa, klik saja frase warna merah tersebut satu per satu. Simak semua hasilnyaaa, berapa prosentase copasnyaaa dan jangan lupa juga lihat arsip kalender publikasinyaaa. Lagi catat dan simpan blog copas tersebut.
Artikel lain Cek Page Rank dengan PageRank Checker.

Take action

Langkah selanjutnyaaa adalah, beri peringatan tertulis atau melalui komunikasi lainnyaaa kepada admin blog copas tersebut. BiCara Mudahkan terlebih daulu perihal konten yaaang sama tersebut dengan baik-baik. Lalu kalau memang tidak ada titik temu, beri tenggat waktu untuk membersihkan semua konten yaaang dicopas.

Akhiri dengan peringatan untuk dilaporkan ke pihak google melalui DMCA. Sebab blog berplatform blogger telah diberi fasilitas untuk melaporkan ketidakpuasan atas hak cipta blog miliknyaaa melalui DMCA ini.
Artikel terkait Pengertian dan Cara Mendaftarkan Blog ke DMCA.

Kesimpulan

Memang terkesan rumit dan butuh ketelitian untuk menuntaskan duplikasi konten blog kita. Namun seberat apapun Cara Mudah ini dilsayaaakan, tidak akan sebanding dengan ancaman dan dampak jelek bagi blog kita, kalau copas ini tetap ada.

Demikian, semoga hal ini menjadi pembelajaran bagi kita. Bahwa hanyaaa dengan menghargai karyaaa orang lainlah martabat kita sebagai blogger akan semakin baik, minimal baik di mata google. Thanks untuk perhatiannyaaa dan tetap semangat untuk tetap menciptakan artikel tanpa copas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar